Traveling

Tempat liburan yang harus dikunjungi di Bangka Belitung

1. Danau Kaolin
Danau Kaolin ini sesungguhnya bukanlah obyek wisata umum, namun banyak fotografer yang menginginkan tahu potensi fotografi disini, hingga terdapat banyak agen wisata yang sediakan layanan paket wisata ke obyek wisata di Belitung ini. Kaolin yaitu satu diantara kekayaan tambang di pulau Belitung. Keindahan tempat ini adalah kombinasi pada air danau berwarna biru serta kaolin berwarna putih. Panorama disini nyaris sama juga dengan panorama Kawah Putih di Bandung.

2. Pantai Penyabong
Pantai Penyabong yaitu satu pantai yang terdapat di Kecamatan Membalong, Belitung Selatan. Pantai ini dikenal juga dengan sebutan Pantai Batu Lubang. Keindahan alam pantai ini nyaris sama juga dengan keindahan di Pantai Tanjung Tinggi, dengan gugusan batu granit yang bertebaran di pinggir pantai. Bedanya, batu granit di pantai ini sama-sama menyambung serta memanjang, menjorok ke arah laut hingga membuat seperti dermaga dengan cara alami. Ombak disini tidaklah terlalu besar hingga aman untuk berenang, air pantai juga jernih dengan pasir putih yang lembut.

3. Pulau Lengkuas
Tempat wisata ketiga yang populer di Belitung yaitu Pulau Lengkuas. Pulau ini ada di samping utara Pulau Belitung, Anda cuma butuh meniti jarak sekitaran 30 menit untuk menyeberang ke pulau ini. Hal yang menarik dari Pulau Lengkuas yaitu mercusuar yang menjulang tinggi di tengah-tengah pulau.

Mercusuar ini telah berdiri mulai sejak th. 1882. Dari atas mercusuar ini, Anda dapat nikmati panorama keindahan pantai-pantai di Belitung dari ketinggian.

4. Bukit Berahu
Bukit Berahu yaitu satu tempat kombinasi pada resto serta bungalow atau villa di satu pantai indah di Belitung. Bukit Berahu terdapat dekat dengan Tanjung Tinggi. Dari atas Bukit Berahu, Anda dapat nikmati keindahan pantai berpasir putih serta laut biru muda yang jernih.

Untuk meraih pantai di bungalow ini, Anda mesti menuruni 97 anak tangga, hingga sebaiknya Anda memakai sepatu tanpa ada hak. Lantaran pantai disini adalah sisi dari bungalow, Anda dapat nikmati sensasi private beach yg tidak dapat Anda dapatkan di pantai Belitung yang lain.

5. Pantai Punai
Pantai Punai berada di samping Tenggara Belitung, tepatnya di desa Tanjung Kelumpang. Tidak sama dengan pantai khas Belitung lain yang mempunyai batu granit super besar, di pantai ini Anda bakal merasakan pasir putih dengan batu granit kecil serta situasi yang lebih tenang.

Di depan pantai ini ada pulau kecil bernama Pulau Punai. Dulunya, di pulau ini ada sangat banyak burung punai. Untuk menuju pulau ini Anda cuma butuh jalan kaki bila air tengah surut.

6. Pantai Nyiur Melambai
Pantai Nyiur Melambai terdapat di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur. Pantai ini yaitu satu diantara pantai yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, serta termasuk juga tempat wisata terpopuler.

Bila umumnya pantai dihiasi pohon kelapa, tidak sama dengan Pantai Nyiur Melambai. Pantai ini ditumbuhi oleh pohon pinus di sekelilingnya dengan pasir putih khas pantai Belitung. Garis pantai disini panjang serta situasi disini teduh. Kesibukan yang bisa Anda kerjakan disini diantaranya berenang, voli pantai, serta panjat tebing.

7. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi yaitu pantai populer di Belitung yang dipakai sebagai satu diantara tempat syuting untuk film Laskar Pelangi. Pantai ini terdapat di samping utara Belitung, tepatnya 37 km dari kota Tanjung Pandan. Berpasir putih, air laut jernih, serta batu granit super besar yaitu ciri khas dari pantai ini.

Ombak di Pantai Tanjung Tinggi relatif tenang hingga Anda dapat berenang tanpa ada mesti takut terbawa ombak. Di pinggir pantai, ada warung-warung yang menjual seafood untuk memuaskan rasa lapar Anda sesudah senang bermain air.

8. Pantai Tanjung Kelayang
Terdapat di samping utara Pulau Belitung, Pantai Tanjung Kelayang yaitu pantai ke-2 yang populer sesudah Pantai Tanjung Tinggi. Yang khas dari pantai ini yaitu Batu Kelayang yang disebut maskot dari Sail Wakatobi – Belitung 2011. Pantai Tanjung Kelayang terbagi dalam dua sisi, yakni samping barat dengan gugusan batu granit serta samping timur berbentuk hamparan pasir putih nan cantik. Anda dapat menyelam, berenang, berjemur, memancing, serta malakukan bermacam atraksi air yang lain di pantai ini.

9. Pulau Pasir
Pulau Pasir sebenarnya yaitu satu tumpukan daratan yang cuma terbagi dalam pasir. Waktu air laut surut, tumpukan pasir ini bakal terbentuk seperti pulau. Sedang waktu air laut gunakan, daratan ini semuanya bakal terbenam dibawah air laut. Pulau ini tidaklah terlalu luas, cuma sebesar 1/2 lapangan sepak sepak bola.

Waktu air surut, terdapat beberapa sekali wisatawan yang berkunjung di pulau ini dengan memakai perahu nelayan. Anda bakal terasa takjub dengan panorama di pulau ini, lantaran pulau ini berdekatan dengan pulau-pulau lain.

10. Museum Kata
Museum Kata Andrea Hirata yaitu museum literatur pertama di Indonesia. Disini, Anda dapat melihat koleksi mengenai film Laskar Pelangi. Anda dapat temukan beragam karya Andrea Hirata di museum ini.

Ada satu cerpen spesial yang di buat oleh Andrea Hirata yg tidak diterbitkan umum, serta cuma dapat Anda baca disini. Museum ini di bangun Andrea Hirata dengan maksud untuk memberikan inspirasi anak-anak serta remaja di desa Gantong, supaya memgembangkan bakat seni mereka.

Terkecuali jejak Laskar Pelangi, disini juga ada sangat banyak karya seni Andrea. Ada pula Warung Kupi Kuli yang disebut satu deskripsi sehari-harinya kehidupan beberapa penambang.

You Might Also Like