Food

Sarapan Pagi di Wakeke, Manado Yuk!

Sarapan Pagi di Wakeke, Manado Yuk!

Jika Anda bertandang ke Manado, Sulawesi Utara, jangan pernah melupakan kunjungan ke lokasi wisata kuliner Wakeke. Lokasi wisata kuliner ini cukup gampang diketemukan karna ada di pusat kota Manado. Wakeke adalah satu gang dengan nama Jalan Wakeke yang ada di daerah Jl. Sam Ratulangi (satu diantara jalan arteri kota Manado). Kuliner yang di tawarkan disini yaitu masakan ciri khas Sulawesi Utara yang populer, yakni Bubur Manado atau Tinutuan. Di lokasi ini, Anda pastinya akan jadi bingung untuk memastikan restoran mana yang juga akan disinggahi. Di tiap-tiap jarak lebih kurang 3 mtr. ada penjual tinutuan yang sediakan masakan sama. Dari sisi rasa serta harga juga relatif sama.

Sarapan Pagi di Wakeke, Manado Yuk!

Untuk meniti perjalanan ke sana, Anda memerlukan saat lebih kurang 45 menit dari Bandara Sam Ratulangi dengan memakai transportasi darat. Anda dapat memakai shuttle bus jurusan Bandara ke Pusat Kota dengan tarif sekitaran Rp3500, 00. Bila Anda bermalam di satu diantara hotel di lokasi pusat kota Manado, sebaiknya Anda jalan kaki sembari bertanya-tanya ke masyarakat setempat untuk memperoleh sensasi backpacker. Tenang saja, masyarakat setempat mempunyai kepribadian yang menarik serta populer begitu ramah, terlebih bila Anda ketahui satu dua kata dialek Manado.

Bubur Manado atau Tinutuan berlainan dengan bubur biasanya. Tinutuan lebih relatif jadi bubur beragam type sayur serta tumbuhan yang lain yang digabung jadi satu. Bahan basic Tinutuan diantaranya jagung, mie, labu, umbi-umbian serta sayuran seperti kangkung, bayam, serta daun gedi. Daun gedi tidak ada di Pulau Jawa maupun di pulau yang lain di Indonesia. Oleh karenanya, Tinutuan yang disiapkan di Manado agak berlainan dengan di pulau yang lain termasuk juga Pulau Jawa. Tinutuan umumnya dipakai jadi sarapan pagi sebelumnya melakukan aktivitas. Satu buah jumlah Tinutuan dihargai lebih kurang Rp 7.000,00 – Rp 10.000,00. Umumnya harga itu fluktuatif bergantung dari harga bahan baku di pasar.

Sarapan Pagi di Wakeke, Manado Yuk!

Mencicipi Tinutuan mesti digabungkan dengan sambal (dabu-dabu, red). Sambal yang umumnya dipakai yaitu sambal terasi, sambal bakasang serta roa. Sambal bakasang serta roa adalah sambal memiliki bahan basic ikan roa yang dibusukkan lantas dibuat dengan tradisionil. Anda butuh coba sebagian type sambal ini karna biasanya harga nya gratis. Tapi, bila Anda tidak sukai pedas, baiknya Anda butuh waspada karna pedas yaitu satu diantara keunikan sambal Manado. Diluar itu, ada juga sebagian masakan ciri khas yang lain seperti nike, perkedel ikan kecil, serta cakalang goreng dan jagung rebus. Masakan-masakan itu yaitu rekan yang cocok untuk mencicipi Tinutuan Wakeke. Masakan itu di jual per jumlah serta ada juga per biji. Rata-rata, harga nya sekitaran Rp 3500,00 – Rp. 7000,00 per biji.

Kawasan Wisata Kuliner Wakeke semakin ramai dikunjungi beberapa wisatawan. Ditambah lagi, sejak th. 2004, pemerintah memberi penghargaan jadikan lokasi ini resmi jadi lokasi wisata makanan tradisionil. Tidaklah heran mulai sejak pagi, lokasi ini ramai dikunjungi baik beberapa masyarakat setempat ataupun beberapa wisatawan lokal sampai mancanegara. Anda menginginkan sarapan yang sehat, enak serta belajar kuliner ciri khas Indonesia? Datanglah ke Jalan Wakeke ini mulai sekitaran jam 07.00.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply