Bandung menjadi salah satu destinasi wisata yang terfavorit untuk penduduk Jakarta dan sekitarnya. Terlebih setelah adanya tol Cipularang yang semakin mempermudah akses menuju kota Bandung. Salah satu tempat menarik untuk destinasi terbaik ketika berlibur adalah tempat wisata Lembang. Di samping memiliki pemandangan yang sangat indah, ada banyak sekali pilihan objek rekreasi yang berada di kawasan sebelah utara kota Bandung ini.

Wisata Lembang memang terkenal dengan pemandangan yang indah, lengkap dan asik. Selain itu juga wahananya murah meriah. Kawasan Lembang yang berada di Bandung Jawa Barat ini memiliki pesona tersendiri yang bisa memikat hati anda. Mau tahu apa saja keseruan destinasi wisata yang ada di Lembang yang bisa anda nikmati, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Daftar Tempat Wisata Lembang Terfavorit

Di bawah ini merupakan beberapa tempat wisata yang ada di Lembang yang menjadi favorit para pengunjung. Baik dari kota Bandung sendiri, atau dari seluruh Indonesia. Diantaranya adalah:

1. The Lodge Maribaya

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Objek wisata terbaru yang bernama The Lodge Maribaya ini berada di kawasan Lembang, Bandung. Lokasi dari tempat wisata ini berada pada satu jalur dengan wisata The Ranch, Maribaya Resort dan taman bunga Begonia. Ini merupakan salah satu tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi saat liburan. Lodge Maribaya ini lokasinya berada di dataran tinggi dan menghadap pohon pinus yang segar. Sehingga banyak sekali spot foto yang menarik. Pengelola juga mempersiapkan berbagai macam wahana agar bisa memperoleh hasil foto yang unik. Seperti ayunan hingga wahana sepeda diatas tali yang tergantung di atas hutan.

Anda bisa merasakan sensasi selfie di atas ketinggian anda juga bisa menikmati balon udara. Tetapi balon udara ini tidak terbang kemana-mana. Walaupun balonnya hanya diam di tempat, namun posisi dari balon udara sudah pas untuk menghasilkan foto dengan background berupa puncak pohon pinus yang sangat keren.

Untuk bisa masuk ke wisata Lembang Maribaya ini, maka anda harus membayar tiket masuk seharga Rp15.000 untuk biaya kebersihan. Selain itu, ada pula voucher makan Rp20.000 yang dapat anda tukar di restorannya nanti. Sementara jika anda ingin berfoto pada 3 spot tadi sudah terdapat tiket lain yakni Rp15.000 untuk di sky Tree, Rp20.000 untuk naik sepeda gantung, foto ayunan melayang dan balon udara. Lokasi dari The Lodge Maribaya ini berada di No. 149/252, RT. 03 / RW. 15, Babakan Gentong, Cibodas, Lembang.

2. Bandung Treetop Adventure Park

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Jika anda bosan dengan tempat wisata yang dinilai biasa saja, anda dapat mengunjungi tempat wisata yang bernama Bandung Treetop Adventure Park. Ini merupakan sebuah kawasan rekreasi wisata alam dan juga zona outbound yang menarik. Dengan mengusung tema fun, tempat wisata Lembang murah ini telah menghadirkan berbagai macam wahana permainan yang penuh tantangan.

Di tempat wisata ini terdapat 6 sirkuit seperti discovery, yellow, blue, red, orange dan black. Khusus bagi pengunjung anak-anak dengan usia minimal 4 tahun dapat menggunakan wahana berupa yellow sirkuit. Sebab tinggi lintasannya hanya sekitar 2 meter dari permukaan tanah. Sementara untuk sirkuit lain, hanya boleh digunakan untuk orang dewasa saja.

Jika anda ingin berlibur ke Bandung, maka anda bisa memilih tempat wisata Bandung Treetop Adventure Park. Lokasinya sangat mudah dijangkau sebab berada dalam satu arah dengan bumi perkemahan Cikole, Lembang. Mengenai waktu kunjungan, anda tak perlu takut karena lokasi wisata di Lembang ini buka setiap hari. Biasanya akan mulai beroperasi dari jam 08.00 pagi hingga jam 05.00 sore. Untuk tingkat masuknya, bagi usia dewasa adalah Rp200.000 dan untuk anak-anak Rp140.000. Sementara bagi paket keluarga dengan dua dewasa dan dua anak dikenakan tiket masuk sebesar Rp540.000. Anda bisa mengajak keluarga sahabat dan teman anda untuk berlibur di sini.

Baca juga:

3. Rumah Hobit Farmhouse Lembang

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Kalau sekarang rumah hobbit bukan hanya ada di New Zealand saja. Namun farmhouse menjadi tempat wisata yang paling hits sejak tahun 2015 lalu. Karena disini terdapat wahana wisata rumah hobbit yang mirip banget dengan yang ada di New Zealand. Kami sarankan jangan pernah mengunjungi tempat wisata ini ketika musim liburan. Sebab anda akan merasakan macetnya jalan-jalan, anda juga pasti tidak bisa selfie bebas jika tempatnya penuh sesak dengan orang. Sebaiknya anda memilih hari di mana hari kerja sehingga anda bisa bebas berwisata di tempat ini dengan nyaman tanpa terlalu banyak orang.

Salah satu yang menarik dari tempat wisata rumah hobbit ini adalah rumah hobbit yang memiliki gaya Eropa yang keren untuk dijadikan sebagai spot selfie yang menarik. Di samping itu, ada juga bangunan ala Eropa dan anda juga bisa berfoto sambil mengenakan baju eropa pada zaman dulu. Tentu hasil fotonya akan tampak klasik dan menarik. Tidak berhenti di situ saja, di sini anda juga dapat berfoto bersama hewan seperti anak landak, kelinci, biri-biri, iguana, sugar glider, burung dan juga sapi. Sehingga tidak heran bila tempat wisata Lembang Bandung ala Eropa ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi anda dengan membawa putra-putri kesayangan.

Untuk bisa masuk ke farm house Lembang anda dikenakan tiket sebesar Rp20.000 untuk tiap pengunjung. Tiket itu bisa anda tukar dengan susu murni. Disamping membayar tiket masuk, anda juga wajib membayar parkir Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Jam buka farmhouse ini mulai dari pukul 09.00 pagi sampai dengan pukul jam 09.00 malam. Dan untuk weekend akan buka lebih lama dengan jam tutup sampai 11.00 malam.

Lokasi dari farm house Lembang ini berada di jalan raya Lembang nomor 108. Tepatnya di sebelah kanan jalan arah Lembang dengan sign board yang cukup besar dan mudah ditemukan.

4. Wisata Grafika Cikole

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Mungkin anda saat ini memerlukan wisata lengkap yang menyatu dengan alam. Wisata Grafika Cikole sangat tepat bila menjadi pilihan destinasi wisata anda saat liburan. Hal ini karena wisata Grafika Cikole ini memiliki area seluas 9 hektar dan menyuguhkan objek rekreasi berupa wahana outbound, hutan pinus dan juga penginapan. Udara di sini cenderung dingin dan sejuk sebab berada di ketinggian 1400 mdpl.

Salah satu hal yang unik dari penginapan di wisata Grafika Cikole yakni bentuk bangunan yang dihadirkan mengusung gaya vintage. Semua penginapan dibuat dengan menggunakan bahan kayu. Atmosfer yang terasa di sekitar wisata Lembang Cikole ini sangat mirip dengan kondisi yang ada di wilayah pedesaan. Disini terdapat berbagai macam wahana outbound yang dikelompokkan sesuai dengan kebutuhan. Diantaranya adalah classified dan reguler. Dalam wahana outbound ini ada 11 macam jenis permainan, salah satunya adalah permainan tradisional. Seperti balap karung, makan kerupuk dan juga menangkap belut. Sedangkan untuk kategori classified outbound terbagi atas 3 macam yaitu outbound sekolah, outbound anak-anak dan juga outbound dewasa.

Di sini juga tersedia wisata petik strawberry. Anda cukup membayar Rp5.000 untuk masuk ke kebun stroberi. Sementara itu, jika anda ingin menginap di tempat wisata ini harga penginapan nya juga sangat terjangkau. Mulai dari Rp800.000 per malamnya. Namun bagi anda yang hanya ingin berkunjung tanpa menginap juga bisa.

5. De Ranch

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata ini bisa menjadi tempat yang sangat keren untuk dijadikan spot foto. Sebab lokasi ini menyajikan nuansa yang berupa wisata alam yang sangat menarik dengan bentuk peternakan ala koboi. Berlokasi di kawasan puncak Lembang, De’ Ranch menawarkan wisata dengan pemandangan alam yang menarik. Lokasi wisata ditata dengan begitu apik oleh para pengelola nya. Dengan demikian, akan menampilkan tempat wisata yang bersih dan nyaman. Apalagi lokasinya yang berada di dataran tinggi menyuguhkan panorama indah serta udara yang sejuk dan segar. Ini menjadi salah satu kelebihan dari De Ranch.

Berbagai macam kegiatan saat liburan di sini bisa dilakukan seperti berkuda dan naik delman yang bisa dilakukan untuk orang dewasa. Bahkan pengunjung yang ingin berkuda dapat menggunakan kostum seperti koboi dan indian. Ada berbagai macam wahana lain seperti balon air, flying fox dan berbagai macam wahana lain yang bisa anda lakukan.

Saat ingin berkunjung ke tempat wisata di Lembang ini, anda tidak perlu membayar mahal. Sebab untuk bisa masuk ke De Ranch hanya perlu Rp5.000 untuk tiket masuknya. Sementara itu, untuk tarif permainannya dan anda bisa bertanya kepada pengelola setempat.

Lokadi De Ranch ini beralamat lengkap di Jl. Maribaya Nomor 17. Tepatnya sekitar 200 meter dari kawasan pasar Lembang. Bagi anda semua yang ingin berkunjung ke tempat wisata De Ranch Lembang ini bisa datang setiap hari Senin sampai dengan Jumat pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan untuk akhir pekan dan hari libur, wisata ini dibuka mulai dari jam 08.00 WIB.

6. Pemandian Air Panas Ciater

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Untuk para wisatawan yang ingin menyegarkan tubuh dan juga pikiran dapat mengunjungi tempat ini. Sebab di pemandian air panas Ciater, wisatawan bisa merasakan sejuknya hawa serta pemandangan di sekitar pemandian yang sangat hijau dan asri. Sambil merasakan sensasi rileks nya berendam di air hangat alami dari pegunungan. Lokasi pemandian air panas Ciater terletak di perbatasan Bandung dan juga Subang. Bila anda berangkat dari Lembang, maka hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit saja untuk sampai di lokasi wisata Lembang ini. Untuk menuju lokasi ini juga sangat mudah, sehingga berbagai macam jenis kendaraan bisa anda gunakan untuk sampai di tempat ini.

Pemandian air panas Ciater memiliki luas kurang lebih 30 hektar dengan berbagai macam fasilitas kolam dan kamar rendam. Suhu air yang berada di tempat ini dapat mencapai 45 derajat celcius. Yang mana air tersebut berasal dari sumber gunung Tangkuban Perahu. Kandungan belerang yang terdapat di dalam air dapat mengembalikan kesegaran tubuh, merelaksasi pikiran serta menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

Selain berendam, saat berada di pemandian air panas Ciater anda juga bisa menikmati wahana permainan lain seperti outbound dan flying fox, juga arung jeram. Selain itu, ada juga sarana olahraga, pemancingan dan restoran.

Bagi anda yang ingin berkunjung ke pemandian air panas Ciater, maka tiket masuk untuk area pemandian adalah Rp22.000 per orang. Sementara tiket masuk kolam air panas utama sebesar Rp80.000 dan tiket masuk kolam pemandian sederhana 20 sampai 55 ribu per orang.

7. Observatorium Bosscha

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Salah satu wisata di Lembang Bandung yang menghadirkan tempat terbaik saat anda ingin menyaksikan keindahan alam semesta adalah Observatorium Bosscha. Di tempat ini bukan hanya menyuguhkan wisata yang menarik, tetapi anda juga bisa mengisi pengetahuan dengan mengunjungi tempat bersejarah.

Observatorium Bosscha ini sudah ada sejak tahun 1923, menjadi observatorium tertua yang ada di Indonesia. Beberapa pihak juga mengklaim observatorium ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Disini anda bisa mengamati berbagai macam objek langit seperti planet-planet di luar yang berada di dalam Galaksi Bima Sakti menggunakan teleskop raksasa.

Beberapa teleskop yang ada pada Observatorium Bosscha ini di antaranya adalah teleskop surya, Cassegrain GOTO, Refraktor Bamberg, Schmidt Bimasakti, dan Refraktor Ganda Zeiss,. Sementara itu, Refraktor Ganda Zeiss merupakan jenis teleskop yang terbesar yang bisa meneropong bintang. Benda ini terletak di atap kubah, sehingga ketika teropong dipakai atap tersebut harus dibuka.

Observatorium Bosscha buka setiap hari dari pukul 09.00 pagi sampai pukul 01.00 siang dan untuk sore mulai pukul 17.00 sampai dengan pukul 20.00 untuk biaya masuk ke tempat ini sangat terjangkau. Mulai dari Rp15.000 per orang. Lokasi dari Observatorium Bosscha ini berada di kecamatan Lembang Bandung. Tepatnya berada di Jalan Teropong Bintang, Cikahuripan, Bandung, Indonesia kurang lebih 15 km dari utara kota Bandung.

8. Kampung Gajah Wonderland

Rekomendasi 8 Tempat Wisata Lembang Yang Wajib Dikunjungi

Apakah anda ingin mengajak putra-putri anda liburan dan menikmati wahana wisata yang menarik? Info wisata lembang yang satu ini menghadirkan tempat wisata yang bisa menjadi rekomendasi liburan bagi keluarga anda. Ajak lah putra-putri anda mengunjungi Kampung Gajah Wonderland. Pada pintu masuk tempat wisata Lembang ini memang terdapat patung gajah raksasa. Akan tetapi, bukan berarti ada begitu banyak gajah di kawasan wisata ini. Justru Kampung Gajah Wonderland adalah objek wisata terpadu yang telah menghadirkan berbagai macam wahana.

Di Kampung Gajah Wonderland ini terdapat dua kategori wahana yang bisa anda coba. Yang pertama adalah zona air dan yang kedua zona non air. Adapun contoh dari wahana air di antaranya adalah sepeda air, kiddy pool, bumper boat, waterboom dan lain sebagainya. Sementara itu untuk wahana non air di antaranya adalah delman, grass skating, trampolin, sky rider dan ATV. Untuk pengunjung yang suka makan buah, anda bisa melakukan kegiatan menarik yaitu memetik buah strawberry langsung dari kebunnya.

Lokasi dari tempat wisata Kampung Gajah Wonderland ini terletak di kawasan Jalan Sersan Bajuri, Desa Cihideung. Anda dapat melalui berbagai macam rute supaya bisa tiba di lokasi wisata ini. Anda juga bisa menggunakan berbagai macam jenis kendaraan umum. Bila anda ingin naik angkutan, anda harus memahami rute serta kode mobilnya terlebih dahulu.

Untuk tiket masuk lokasi Kampung Gajah Wonderland pada hari Senin sampai Jumat seharga Rp15.000 per orang. Sementara untuk hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional dikenakan tiket masuk sebesar Rp25.000 per orang. Jika anda ingin masuk ke wisata Lembang Kampung Gajah Waterboom maka hari Senin sampai Jumat dikenakan tiket sebesar Rp100.000 per orang. Sedangkan untuk hari Sabtu Minggu dan hari libur nasional tiketnya seharga Rp125.000 per orang.